h1


Tempat Bersejarah


10 Tempat Paling Bersejarah di Mekkah

Kota Mekah menyimpan banyak situs bersejarah Islam khususnya sekitar Ka’bah dan Masjidil Haram. Ini akan kita jumpai ketika melaksanakan ibadah ke tanah suci, baik haji maupun umroh.

Kini, sebagian besar situs saksi perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW tersebut telah menghilang, tergerus oleh derasnya pembangunan perluasan Masjidil Haram.

Berikut kami sajikan 10 situs bersejarah di kota Mekkah yang tidak semua jamaah mengetahuinya:
  1. Darul Arqam

    Darul Arqam

    Daerah yang terletak di kaki Gunung Safa dipercaya sebagai rumah Arqam atau Daarul Arqam berada. Selama tahun-tahun awal Islam, Nabi Muhammad SAW mulai berdakwah membina generasi awal Islam secara diam-diam di daerah ini.

  2. Darun Nadwah

    Darun Nadwah

    Foto di atas merupakan area sisi barat laut dari Ka’bah. Darun Nadwah berfungsi sebagai rumah parlemen untuk suku Quraisy.

    Di tempat ini dahulu dimusyawarahkan rencana untuk mencoba membunuh Nabi SAW. Perlu dicatat bahwa daerah ini terletak di batas proyek ekspansi baru Masjidil Haram

  3. Rumah Abu Thalib (House of Abbas)

    Rumah Abu Thalib

    Daerah yang ditampilkan dalam foto adalah bagian dari luar tempat Sai dimana kira-kira Rumah paman Nabiyang melindunginya selama seluruh waktu hidupnya di Mekah

  4. Rumah Abu Bakar

    Rumah Abu Bakar

    Foto di atas adalah tempat di mana rumah Shahabat Abu bakar terletak di kota Makkah. Tempat Hijrah ke Madinah dimulai tepat di lokasi yang terlatak di lantai 4 Makkah Towers Hotel, di mana Masjid Abu Bakar telah dibangun

  5. Rumah Abu Jahal

    Rumah Abu Jahal

    Rumah Abu Jahal terletak di sebelah bagian luar dekat tembok tempat Sai. Lokasi tersebut merupakan lokasi di mana rumah Abu Jahal berada. Abu Jahal adalah kerabat Nabi SAW, namun ia juga salah satu musuh paling sengit terhadap Islam.

  6. Rumah Siti Khadijah

    Rumah Siti Khadijah

    Lokasinya yang terletak di luar pintu keluar Marwah adalah daerah sekitar di mana rumah Siti Khadijah berada. Nabi Muhammad SAW menghabiskan waktunya selama menikah dengan Siti Khadijah di sini hingga tiba waktu Hijrah ke Madinah.

  7. Rumah Ummi Hani

    Rumah Ummi Hani

    Daerah yang ditampilkan dalam foto adalah sisi gerbang bab Abdul Aziz. Tempat ini diyakini menjadi lokasi dimana rumah Ummi Hani, sepupu Nabi dan sekaligus putri Abu Thalib berada.
    Dari titik inilah Nabi Muhamamd SAW dipanggil oleh Malaikat Jibril dan dibawa keBaitul Maqdis yang berlokasi di Yerusalem saat peristiwa Isra’ Mi’raj.

  8. Masjid Aisya atau Masjid Tan’iem

    Masjid Aisya atau Masjid Tan’iem

    Masjid Aisya yang juga dikenal sebagai Masjid di Tan’iem adalah tempat di mana Ummul Mukminin berjalan memulai Ihram untuk ibadah Umrah. Peristiwa ini terjadi ketika Nabi Muhammad SAW memberi perintah haji Wada’. Masjid ini terletak sekitar 7,5 kilometer arah selatan dari Makkah di jalan menuju Madinah.

  9. Bukit Abu Qubays

    Bukit Abu Qubays

    Struktur yang sangat besar ini yang terletak di berbatasan langsung dengan Gunung Safa adalah lokasi Bukit Abu Qubays. Banyak yang percaya bahwa di lokasi inilah Nabi Muhammad SAW menunjuk ke arah bulan dan membelahnya (mukjizat)

  10. Jamarat

    Jamarat

    Jamarat adalah tiga pilar batu yang harus dilempari sebagai bagian dari ritual wajib selama ibadah haji, meniru perbuatan Nabi Ibrahim AS. Pilar ini menandai tiga lokasi di mana setan mencoba untuk mencegah Nabi Ibrahim dari mengorbankan putranya Ismail AS. Namun Ibrahim melempari dia dengan batu setiap kali ia muncul dalam bentuk yang berbeda. pilar ini disebut Jamarat al-Wusta, Jamarat al-Aqaba dan Jamarat al-Ula
Sumber : http://duniatimteng.com/10-tempat-paling-bersejarah-di-kota-mekah/
Partner : http://www.wisataplusumroh.com/2016/09/biaya-paket-umroh-2017-2018.html


Baca juga : Sekilas tentang Ka'bah



© 2016 Islam Kita Supported by: Blogger

Paket Umroh Januari 2017 Paket Umroh Februari 2017 Umroh Maret 2017 Umroh Ramadhan 2017